Susah Buang Air Besar, Pola Makan Tidak Sehat

Susah Buang Air Besar, Pola Makan Tidak Sehat – Sembelit atau konstipasi dapat diartikan sebagai gangguan pada pergerakan saluran cerna bawah sehingga menimbulkan kesulitan dalam buang air besar atau frekuensi buang air besar yang berkurang.Kondisi ini bisa membuat cairan dan racun terserap ke dalam aliran darah dan dibawa ke seluruh bagian tubuh. Tapi, pastikan bahwa kamu jangan terlalu stres terlalu berat karena ini bisa sangat berbahaya dan mengganggu kesehatan tubuh. Kondisi ini telah memengaruhi sekitar 80 persen orang di beberapa tempat, menurut American Society of Colon and Rectal Surgeons.

Jika buang air besarnya kurang dari 1 kali dalam seminggu yang biasanya memerlukan pengosongan usus dan pemeriksaan. Pada dasarnya, hampir setiap orang pernah merasakan susahnya Buang Air Besar (BAB) atau sembelit. Sembelit sendiri sebenarnya merupakan salah satu gejala yang timbul bila ada gangguan pada saluran cerna bawah.

Pola makan yang tidak sehat—Kurangnya konsumsi buah dan sayur menjadi salah satu penyebab susah buang air besar (BAB). Jika Anda mendapatkan cukup serat dalam diet, tapi tidak cukup air, hal itu dapat memengaruhi serat saat melewati sistem pencernaan sehingga menyebabkan sembelit. Potong lidah buaya, ambil dua sendok gel-nya, kemudian campurkan dengan jus lemon, minum di pagi hari. Tinja sulit keluar dengan berbagai sebab semisal terlalu padat baik dengan ukuran sangat besar ataupun sangat kecil. Demikian pula jika Anda mengindahkan nasihat untuk mengikuti pola makan yang sehat. Kesulitan buang air besar bisa terjadi pada mereka yang memiliki masalah psikis, seperti stres, kecemasan, depresi, trauma kekerasan, atau pelecehan seksual. Susah buang air besar atau lebih dikenal dengan nama sembelit merupakan problem yang mungkin pernah dialami oleh anda sendiri.

Baca juga : artimimpibab.com

Makan dalam porsi besar sekaligus dapat menyebabkan konstipasi. Wajarnya, bab dilakukan setiap sehari sekali, jika anda harus waspada jika belum melakukan bab lebih dari 3 hari lantaran feses akan mengeras. Sembelit atau susah buang besar bisa disebabkan oleh kurang gerak, kelemahan umum, kebiasaan menahan BAB, gangguan metabolik (dehidrasi, kurang serat & residu makanan, diabetes, hiperkalsemia, hipokalemia, uremia), gangguan neurologis (tumor otak, gangguan pada tulang belakang, infiltrasi serabut saraf), gangguan psikologis (depresi berkepanjangan, stres mendadak), gangguan kolorektal (penyempitan/penyumbatan usus, massa tumor di rongga panggul, fibrosis akibat radiasi, nyeri pada dubur), karena pengaruh obat tertentu (golongan narkotika, antidiare, antidepresan, antasida, antikanker, diuretik, dll), dan banyak penyebab lainnya.

Add Comment