Meraih Keuntungan Lebih Dengan Kenaikan Gaji

Gaji merupakan pendapatan yang paling utama dari seorang karyawan. Dia bisa menjadi lebih beruntung jika perusahaan tempatnya bekerja memberikan sejumlah tunjangan yang bisa membantu banyak dalam pemenuhan kebutuhan hidup. Namun sayangnya, beberapa perusahaan yang masih dalam proses berkembang tidak mampu menyanggupi pemberian beberapa tunjangan demi kesejahteraan karyawannya meskipun pihak manajemen menginginkannya. Penyebabnya bisa berupa keuntungan yang belum memadai atau kebijakan pribadi eksekutif yang ingin meraih keuntungan sebanyak mungkin.

Hal ini tentunya menjadi sebuah masalah bagi para tenaga kerja, khususnya di level operator pelaksana atau sederajat. Kebutuhan yang terus meningkat membuat gaji semakin tidak mencukupi. Tentunya, para tenaga kerja harus menyikapi hal ini secara cerdas dan efektif. Salah satunya adalah dengan menuntut kenaikan gaji.

Kenaikan gaji tenaga kerja di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara dengan ukuran industri yang cukup besar dan beraneka ragam. Hal ini membuat sebagian besar warga negaranya bekerja pada sebuah perusahaan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya beserta keluarganya.

Meraih Keuntungan Lebih Dengan Kenaikan Gaji

Meraih Keuntungan Lebih Dengan Kenaikan Gaji

Keadaan ini mendesak berbagai organisasi para pekerja atau serikat pekerja dibentuk guna menjamin kesejahteraan para pegawai. Sehubungan dengan Indonesia sebagai negara demokrasi, serikat kerja ini memiliki peran penting dalam mempengaruhi pemerintah untuk membentuk berbagai kebijakan yang diberlakukan kepada para perusahaan yang berpihak pada para tenaga kerjanya. Alhasil, ada sejumlah kebijakan yang dikeluarkan pemerintah yang memang berpihak pada tenaga kerja.

Salah satu dari kebijakan ini berbentuk kenaikan gaji para tenaga kerja. Baru-baru ini, pemerintah menetapkan sebuah formula yang dalam perhitungan menaikkan gaji karyawan. Formula ini dipengaruhi oleh tingkat inflasi dan pertumbuhan ekonomi nasional. Tentu saja, nominal kenaikan gaji yang diperoleh bergantung pada nominal gaji pokok pegawai yang bersangkutan.Jadi, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan sejalan dengan naik atau tumbuhnya tingkat kesejahteraan warga negaranya.

Menghitung kenaikan gaji dari perusahaan anda

Seperti yang sebelumnya sudah disebutkan, kenaikan gaji dipengaruhi oleh inflasi dan pertumbuhan ekonomi nasional. Agar semua komponen dalam slip gaji lengkap, biasakan untuk menggunakan aplikasi payroll. Kembali ke point tadi, dibawah ini merupakan formula persentase kenaikan gaji yang baru :

Persentase Kenaikan Gaji = Persentase Inflasi + Persentase Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Sederhana bukan? Jika anda menginjak periode baru, mungkin anda juga akan mendapat pendapatan baru yang lebih banyak, biarpun jumlahnya tidak begitu fantastis.

Akhir-akhir ini, rata-rata inflasi yang terjadi di Indonesia adalah sekitar 6%. Sementara itu, pertumbuhan ekonomi nasional tidak jauh dari 5%. Sehingga, kemungkinan rata-rata kenaikan gaji anda berkisar antara 11% jika dihitung dengan menggunakan formula diatas.

Perlu anda ketahui, jika anda menuntut kenaikan gaji para perusahaan anda dengan angka persentase yang terlalu tinggi, misalnya 30% atau 40%, kemungkinan hal ini akan membawa dampak buruk bagi berbagai pihak, termasuk pihak pemilik modal dan anda sendiri sebagai tenaga kerja. Pasalnya, kenaikan ini akan membawa kerugian yang cukup signifikan bagi perusahaan; dengan biaya penggajian yang tinggi, biaya produksi pun akan ikut meninggi.
Dengan harga barang atau jasa yang naik secara drastis, kemungkinan besar perusahaan akan kehilangan konsumennya. Hal ini bisa berujung pada kerugian perusahaan dan selanjutnya perusahaan mungkin akan mengurangi jumlah tenaga kerja atau bahkan perusahaan itu sendiri mengalami kebangkrutan. Dengan begini, anda juga akan kehilangan sumber penghasilan. Maka dari itu, kembali lagi, semua pihak akan dirugikan dengan permintaan kenaikan gaji yang tidak rasional.

Data-data statistik menunjukkan bahwa gaji anda akan mengalami kenaikan sebesar 10% sampai 12% setiap periodenya. Ini artinya, anda akan mendapat kenaikan gaji sebesar 400 ribu rupiah jika gaji anda mencapai 4 juta rupiah dengan kenaikan 10%. Nah, lain halnya jika gaji anda mencapai 10 juta rupiah; anda akan mendapatkan kenaikan sebesar 1 juta rupiah. Lumayan bukan? Semakin tinggi jabatan anda, semakin tinggi pula gaji dan tunjangan yang bisa anda peroleh.

Bagi anda yang merupakan pekerja yang dengan perusahaan yang menerapkan gaji berdasarkan Upah Minimum Regional atau UMR, sebaiknya anda bersabar untuk mendapat gaji yang lebih besar. Namun, dari waktu ke waktu, tingkat UMR semakin meningkat sehingga penghasilan yang anda terima pun akan ikut meningkat.

Add Comment