Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan

Manfaat kacang hijau untuk kesehatan – Sudah sejak ribuan tahun lamanya, kacang hijau digunakan untuk berbagai hal. Bahkan, oleh orang China, kacang hijau ini digunakan untuk memasak dan sebagai obat untuk menghilangkan demam dan detoksifikasi tubuh. Hingga sekarang, kacang hijau masih digunakan untuk memasak, khususnya dibuat sebagai bubur kacang hijau. Apalagi saat musim Ramadhan tiba, bubur kacang hijau pasti akan ditemukan di pinggir jalan sebagai minuman untuk takjil.

Kali ini, kami akan membagi informasi tentang manfaat penting yang tersembunyi dari kacang-kacangan berwarna hijau yang bisa dibentuk menjadi kecambah ini. Setelah orang China memanfaatkannya sebagai penurun demam dan detoksifikasi, kira-kira khasiat apalagi yang akan didapatkan dari kacang berukuran kecil ini? Simak.

Beberapa manfaat kacang hijau untuk kesehatan tubuh menurut penelitian

Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan

Pertama, menurunkan kadar kolesterol jahat

Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan -Seperti diketahui, serat terbagi atas 2 jenis, yakni serat larut dan tak larut. Khusus untuk serat yang terkandung dalam kacang hijau ini adalah serat larut. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung serat larut akan memberikan manfaat penurunan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat dari dalam darah. Saran konsumsi serat larut ini adalah sebanyak 10 hingga 25 gram serat larut per hari. Sedangkan secangkir kacang hijau mengandung 1,9 gram total serat.

Kedua, membantu mengatasi kanker payudara

Kacang hijau mengandung protease inhibitor. Di mana kandungan ini memiliki fungsi untuk memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker, termasuk yang ada di payudara. Kacang hijau juga ditemukan dapat mencegah dan memblokir pembentukan dari sel tumor. Jadi makanan ini sangat pas dan cocok untuk yang mau menjaga payudaranya tetap tampil cantik dan indah.

Ketiga, sangat baik bagi perempuan yang sudah menopause

Seorang perempuan yang memasuki masa menopause biasanya akan mengalami masalah hormonal. Kabar baiknya, manfaat kacang hijau juga berhubungan dengan penyelesaian masalah hormonal. Hal ini karena kacang hijau mengandung nutrisi isoflavon yang berfungsi untuk mengatur aktivitas hormonal. Kacang hijau juga mengandung fitoestrogen yang akan membantu perempuan yang telah masuk menopause terhindar dari osteoporosis dan membantu pembentukan tulang.

Keempat, mencegah dan mengobati diabetes

Indeks glikemik rendah ditemukan pada kacang hijau. Di mana ini berarti kacang hijau aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan selama lima minggu atas konsumsi kacang hijau yang masih ada kulitnya dan kacang hijau yang sudah dibentuk menjadi kecambah, ditemukan bahwa kacang hijau dapat mengurangi kadar glukosa dalam darah. Buah lainnya yang juga bermanfaat untuk diabetes adalah apel, silakan baca referensi table bench furnitures disini.

Kelima, makanan tinggi protein

Dalam satu cangkir kacang hijau, terdapat sekitar 3,16 gram protein. Sementara itu, 1 ons daging yang merupakan salah satu sumber protein terbaik mengandung 7 gram protein. Kelebihan kacang hijau dibanding daging adalah kadar lemak jenuh dan kolesterol yang jauh lebih sedikit.

Setelah mengetahui manfaat kacang hijau ini, Anda bisa mengonsumsinya dengan aman dan mendapatkan khasiatnya yang sangat banyak seperti tertulis di atas. Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan, terima kasih

Add Comment