5 Manfaat Rahasia Bawang Putih Yang Belum Diketahui Banyak Orang

Mungkin bisa dikatakan bahwa hampir setiap orang pernah mengkonsumsi bawang putih (kecuali kalau Anda vampir), dan sangat menyukai rasanya.

Aneh sekali bukan makanan yang dimasak tanpa bawang putih, pasti rasanya ada yang kurang. Di Indonesia sendiri hampir setiap masakan selalu menggunakan bawang putih sebagai salah satu bumbu masakannya.

Ada yang bilang, lebih baik masakan tidak menggunakan garam dibanding tidak menggunakan bawang putih, entah benar atau tidak pendapat tersebut.

Ternyata selain banyak dikonsumsi, bawang putih menyimpan berbagai manfaat yang tidak diketahui banyak orang.

Berikut adalah beberapa di antaranya:

5 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Putih

  1. Anti Kanker

Ternata beberapa peneliti menemukan bahwa khasiat bawang putih dapat digunakan untuk penyembuhan penyakit kanker. Kandungan sulfida alil pada bawang putih adalah alasan mengapa tanaman ini dapat digunakan sebagai pengobatan almai penyakit kanker.

Alasan lainnya adalah kandungan PhIP dalam bentuk amina heterosklik yang dapat memicu kanker payudara dapat dinetralisir dengan zat diallyl sulfida pada bawang putih.

  1. Dapat Menurunkan Darah Tinggi

Dikutip langsung dari https://www.sayanda.com/manfaat-bawang-putih/ ternyata bawang putih teruji dapat menurunkan hipertensi sekitar 7-8%.

Tekanan darah tinggi akan dat langsung ditekan dengan mengkonsumsi bawang putih secara rutin.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Seperti yang Anda ketahui, terdapat dua jenis kolesterol pada tubuh manusia, kolesterol jahat dan kolesterol baik.

Sebuah riset mengungkapkan bahwa salah satu manfaat dari bawang putih adalah untuk menurunkan kadr kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Bahkan LDL dalam tubuh dapat dipangkas hingga 15%.

Dengan menurunnya kadar kolesterol jahat, maka kadar kolesterol baik akan dapat terjaga.

  1. Mempercantik Kulit

Ternyata kulit juga mendapatkan khasiat dari bawang putih. Masker bawang putih dipercaya memberikan berbagai khasiat untuk kulit seperti membersihkan komedo, menghilangkan bekas luka, dan menjadi obat jerawat yang sangat ampuh.

  1. Menyembuhkan Sakit Gigi

Siapa sangka ketika keadaan mendesak, bawang putih dapat digunakan sebagai penghilang rasa sakit gigi? Dibandingkan menggunakan obat-obatan pain killer dari dokter, lebih baik menggunakan pengobatan alami bawang putih sebagai penghilang rasa sakit.

Alasannya karena bawang putih terdapat zat anti virus yang dapat membasmi dan menghilangkan kuman penyebab sakit gigi.

Add Comment