Cara Perawatan Alat Audiometer Yang Benar

Audiometer adalah alat standar yang biasa terdapat pada sebuah klinik THT serta berbagai pusat audiologi. Audiometer berfungsi sebagai alat untuk mengecek kondisi pendengaran seseorang dan biasanya digunakan ketika tes audiometri. Dengan audiometer akan dapat diketahui bagian telinga mana yang mengalami gangguan. Alat ini sangat sederhana serta tidak akan menimbulkan rasa sakit atau hal-hal berbahaya saat digunakan.

jual audiometer bekas

Alat audiometer terdiri dari beberapa bagian seperti pengatur frekuensi dan amplitudo, sumber bunyi, headset dan juga software audiologi. Dengan dukungan fitur yang cukup lengkap ini maka fungsi pendengaran akan bisa dideteksi dengan lebih detail dan terperinci dalam bentuk audiogram.

Alat audiometer sendiri kini juga sudah banyak tersedia dipasaran terutama di toko-toko alat kesehatan. Bukan hanya audiometer baru saja yang mereka sediakan, mereka juga biasanya jual audiometer bekas yang masih berfungsi dengan baik dengan harga yang lebih murah pastinya.

Mau audiometer baru atau bekas yang terpenting adalah dalam hal perawatannya, karena audiometer akan bisa terus berfungsi normal dan tahan lama apabila dirawat dengan baik. Pada dasarnya tidak terlalu sulit dalam merawat audiometer yang perlu dilakukan adalah :

#Hindarkan audiometer dari suhu ekstrim

Terkadang kita harus membawa audimeter ke tempat-tempat tertentu untuk keperluan medis. Yang harus diperhatikan adalah kita harus menaruhnya ditempat yang suhunya stabil. Begitu juga ketika baru dikeluarkan dari tempat penyimpanan, usahakan untuk mendiamkannya sejenak kurang lebih selama 30 menit agar suhunya kembali stabil. Dalam melakukan pemeriksaan dengan audiometer ada baiknya dilakukan pada ruangan yang suhunya sejuk.

#Hindarkan dari zar cair

Karena apabila terkena cairan, maka akan bisa merusak komponen elektronik yang ada dalam audiometer. Selama proses pemeriksaan usahakan jangan perbolehkan pasien membawa makanan atau minuman.

#Jangan sampai jatuh

Apabila audiometer sampai terjatuh akan bisa merusak komponen digitalnya sehingga perlu dilakukan kalibrasi setelahnya.

#Jangan sampai kabel kusut, terlilit atau mengikatnya terlalu kencang

Sifat dari kabel audiometer adalah sangat sensitif, apabila kita mengikatnya terlalu kuat bisa-bisa malah putus. Sebelum digunakan harap selalu dicek dan pastikan semua kabel nya sudah terpasang dengan benar.

#Bersihkan kabel headphone

Agar kualitasnya selalu terjaga, usahakan untuk sesekali melepas kabel headphone dari stekernya untuk dibersihkan dengan kapas alkohol.

Cara-cara diatas sebaiknya dilakukan secara berkala, bisa dengan melakukan penjadwalan dan dilakukan oleh petugas yang menggunakan karena biasanya akan lebih mengetahui kondisi audiometer sebenarnya. Selain itu perawatan harian pun perlu dilakukan, dengan cara melakukan pengecekan audio dan alat setiap hari.

Yang perlu dicek pada bagian audio adalah terkait adanya perubahan frekuensi, volume dan juga kualitas suara, sedangkan pada bagian alat adalah terkait apakah headphone masih dalam posisi teregang kencang atau tidak, apakah bantalan, kabel dan sambungannya mengalami kerusakan serta apakah monitor on/off nya masih berfungsi dengan baik.

Add Comment