Mengenal Metode Atau Prinsip Kerja Chemistry Analyzer

Chemistry Analyzer atau dikenal juga dengan Autoanalyzer merupakan salah satu alat laboratorium yang berfungsi untuk melakukan analisis kimia secara otomatis seperti pada logam, air, gas dan material biologis dari suatu larutan. 

Dengan alat ini nantinya bisa menentukan tingkat albumin, nitrogen urea darah, bilirubin, kalsium, alkali fosfatase, aspartate transaminase, kreatinin, glukosa, fosfor anorganik, protein, kolesterol dan asam urat dalam sampel darah tubuh serum atau lainnya. Chemistry Analyzer mampu untuk melakukan analisis pada ratusan sampel setiap harinya walaupun hanya dengan satu orang teknisi operasi.

harga chemistry analyzer mindray

Ada dua macam chemistry analyzer atau autoanaliser yang terdapat pada laboratorium klinik yaitu yang dipakai pada pemeriksaan hematologi dan yang dipakai pada pemeriksaan kimia klinik. Untuk bagian hematologi biasanya dipakai untuk memeriksa darah secara lengkap dengan cara mengukur dan menghitung sel-sel darah secara otomatis, sedangkan pada bagian kimia klinik biasanya digunakan untuk mengukur kadar zat yang terkandung di dalam darah seperti kolesterol, glukosa, albumin dan zat-zat yang lainnya.

Untuk anda yang membutuhkan alat canggih yang satu ini sebagai perlengkapan laboratorium klinik bisa mendapatkannya di toko atau distributor alat kesehatan terdekat di kota anda dan salah satu merk yang cukup direkomdasikan adalah Mindray. Selain karena memang kualitasnya sudah terjamin, harga Chemistry Analyzer Mindray pun cukup terjangkau untuk ukuran klinik atau rumah sakit.

Prinsip kerja dari Chemistry Analyzer sendiri ada 2 metode yaitu Continuous Flow Analyzer dan Flow Injection Analyzer.

#CONTINUOUS FLOW ANALYZER

Di dalam metode ini aliran continue yang berasal dari material akan dibagi menggunakan gelembung udara dan diteruskan ke segmen diskrit tempat dimana reaksi kimia terjadi. Aliran yang terus menerus dari sampel darah dan juga reagen akan digabungkan dan dibawa ke dalam gulungan tubing pencampuran.

Tubing nantinya akan membawa sampel dari alat yang satu ke alat yang lainnya, dimana masing-masing alat memiliki fungsi yang berbeda seperti inkubasi, distilasi, dialisis, ekstraksi, pemanasan, dan pertukaran ion. Sebuah prinsip yang cukup penting pada sistem ini yaitu mengenai pengenalan gelembung udara. Gelembung udara dari setiap segmen sampel yang masuk ke dalam paket diskrit akan bertugas sebagai penghalang diantara paket, supaya tidak terjadi kontaminasi silang ketika berada di dalam pipa. Gelembung udara juga akan membantu proses pencampuran dengan membuat aliran turbulen yang bisa mempermudah operator dalam mengecek karakteristik aliran cairan.

#FLOW INJECTION ANALYZER.

Metode Flow Injection Analyzer ini bisa dipakai pada reaksi cepat dan juga reaksi lambat. Pada reaksi lambat biasanya akan dibantu dengan pemanas. Penggunaan metode ini juga umumnya dibatasi oleh waktu, dimana sinyal yang memadai harus bisa dicapai dalam kurun waktu kurang dari 2 menit, jika lebih dari itu maka sebaiknya tidak dilakukan.

Add Comment