Cara membuka biro perjalanan wisata

Apa saja yang harus diperhatikan ketika sebelum mendirikan Biro Perjalanan Wisata?

Bebagai jenis bisnis yang telah berkembang di dunia yang didapatkan dari memanfaatkan sektor pariwisata seperti riket.com, agoda, tripadvisor, airbnb adalah sebagian kecil merek yang jeli melihat peluang bisnis dan mengembangkannya secara tepat di sektor pariwasata. Anda ingin mengembangkan bisnis dari sektor pariwisata, peluangnya masih terbuka lebar dan luas, salah satu caranya dengan membuka biro perjalanan wisata atau travel agent. Lalu apa saja syarat untuk membuka biro perjalanan wisata? Apa harus membuka CV atau dengan PT?

Di tengah-tengah ketidakpastian perekonomian global, pariwisata justru menjadi primadona untuk menggerakan perekonomian secara global. Yunani merupakan negara yang diambang kehancuran, tetapi negara tersebut bisa survive karena masih bisa ditopang oleh bisnis pariwisatanya. Sementara lainnya Jepang mengeluarkan data yang dimana antara bulan Januari sampai Juli 2016, wisatawan yang datang ke negeri sakura ini naik 20%, dibandingkan tahun lalu dengan periode yang sama, sehingga pertumbuhan pariwisata dinegeri tersebut membantu menambah pendapatan negara. Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Berdasarkan data yang didapatkan dari biro pusat statistik ( BPS), pada bulan Januari sampai Mei 2016 jumlah wisatawan yang masuk ke Indonesia jumlahnya naik sebesar 7,48% dibandingkan tahun lalu dengan periode yang sama, tidak buruk bukan!a

Masih belum percaya dengana kontribusi pertumbuhan pariwisata terhadap perekonomian ? Menurut WTTC (world travel and tourism council) 2016, 10% dari produk domestik bruto (PDB) yang disumbangkan dari pariwisata. Kementrian pariwisata Republik Indonesia telah menargetkan jumlah wisatawan naik 9 juta di tahun 2014 menjadi 20 juta di tahun 2019, sementara pada kurun waktu yang bersamaan ditargetkan perjalanan wisatawan lokal dari 250 juta menjadi 275 juta.

Daari angka yang diatas, maka tidak heran jika mulai banyak pelaku bisnis yang tertarik membuka biro perjalanan wisata karena target pasarnya begitu luas. Nah jika anda tertarik untuk mencoba bisnis ini, langkah pertama anda harus mendirikan bisnis biro perjalanan wisata (travel agent), tidak sulit untuk memulai bisnis biro perjalanan wisata . Namu anda harus melengkapi beberapa persyaratan yang telah ditentukan oleh pemerintah, anda harus memahami terlebih dahulu syarat untuk mendapatkan ijin ptravel agent . Izin tersebut bisa anda ajukan kedinas perizinan daerah tingkat II atau setingkat kota/kabupaten. Pertama kali anda harus mendirikan badan usaha yang sesuai dengan pasal 6 ayat(1) Peraturan Menteri Kebudayaan Dan Pariwisata Nomor PM 85/HK.501/MPK/2010 tentang Tata CaraPendaftaran usaha jasa Perjalanan wisata, yang artinya untuk memulai bisnis biro perjalanan wisata, badan usahanya harus merupakan berbadan hukum. Badan hukum dari usaha anda harus berbentuk PT ( perseroan Terbatas), ada beberapa persytaratan dan pertimbangan yang anda harus pahami sebelum mendirikan Perseroan terbatas (PT). Salah satu keuntungan yang didapat dari anda mendirikan PT diantaranya adalah adanya pemisahan yang jelas antara harta perusahaan dan harta pribadi, karena PT berstatus badan hukum, maka PT diakui sebagai salah satu subjek hukum.

Yang anda perlu ketahui saai ini adalah kemudahan proses dan syarat mendirikan PT di Jakarta, pemerintah menyadari,untuk memulai sebuah usaha harus memiliki status badan hukum seperti dengan mendirikan sebuah PT (perseroan terbatas).

Selain PT yang harus anda buat, ada beberapa syarat lain yang an da harus penuhi dan wajib hukumnya untuk dilakukan untuk membuka biro perjalanan wisata yang resmi, seperti:

  1. Data-data pendukung sepwerti leafleat, booklet,dsb.

  2. Akte pendirian perusahaan.

  3. HO (izin gangguan).

  4. Fotocopy NPWP.

  5. IMB (izin mendirikan bangunan).

  6. Fotocopy KTP pemilik/pemohon.

  7. Referensi dari bank.

  8. Riwayat didup karyawan perusahaan dan riwayat hidup pimpinan.

  9. Mengisi formulir paket wisata.

Untuk mendapatkan izin cara membuka biro perjalanan wisata tiap daerah sama, adapun prosedur yang anda kurang pahami, sebaiknya anda langsung bertanya kepada dinas pariwisata didaerah anda masing-masing.

CATATAN PENTING: jika usaha biro perjalanan anda sudah merasa mapan atau setidaknya bisa memberangkatkan dua atau tiga wisatawan dalam satu bulan, baru anda silahkan mengajukan surat izin usaha.

Kaarena kalau usaha anda belum begitu mapan, anda sudah membuat izin usaha, dikemudian hari anda sendiri yang dibuat repot, karena harus melaporkan penghasilan setiap tahun, perpanjangan izin dan pajak setiap bulan.

Add Comment