3 Cara Membuat Murid Lebih Fokus Dalam Pelajaran

Cara Membuat Murid Fokus BelajarSering sekali sebagai seorang guru, saya merasa kesulitan ketika murid-murid tidak fokus dalam pelajaran. Mereka tidak mendengarkan omongan, dan suka sibuk sendiri.

Apakah Anda pernah mengalami pengalaman yang serupa? Jika iya, apa yang Anda lakukan?

Pada artikel ini, saya akan memberikan beberapa cara yang saya gunakan ketika murid sedang sibuk sendiri dikelas dan membuat mereka lebih fokus dalam pelajaran.

3 Cara Membuat Murid Fokus Belajar

  • Buat Lomba dan Berikan Hadiah

Ketika murid dikelas tidak punya motivasi untuk belajar dan suka berbicara dengan temannya, Anda bisa mencoba untuk membuat sebuah lomba. Lomba tersebut dapat berupa quiz atau cerdas cermat.

Berikan pertanyaan yang harus dijawab dengan cepat-cepatan oleh para murid. Murid yang pertama kali mengangkat tangan adalah yang boleh menjawab pertanyaan. Lakukanlah bebreapa ronde sebelum menentukan pemenangnya.

Selain itu Anda juga boleh membagi mereka menjadi beberapa grup yang bertanding antara satu sama lain.

Pemenangnya akan diberikan hadiah berupa makanan ringan atau alat tulis sekolah.

  • Ganti Metode Pembelajaran Anda

Mungkin Anda adalah salah satu dari guru-guru yang menggunakan metode pembelajaran kuno yaitu dengan berbicara sendiri di kelas dan membiarkan murid terus mendengarkan.

Jika iya, mungkin yang salah adalah cara mengajar Anda. Murid zaman sekarang tidak suka dengan guru yang seperti itu, mereka lebih suka dengan guru yang aktif berkomunikasi dengan muridnya.

Beberapa teknik yang dapat Anda gunakan adalah membuat kelas berdiskusi satu sama lain menyelesaikan sebuah permasalahan. Dengan begitu mereka dapat belajar bersama-sama dan tetap berbicara dengan satu sama lain.

  • Belajar di Luar Sekolah

Anda dapat mencari hari yang cerah untuk belajar di luar sekolah. Usahakan sewaktu pagi hari agar cuaca belum terlalu panas.

Penggantian suasana dapat membuat murid tidak jenuh dengan belajar di tempat yang sama terus menerus. Anda bisa membawa mereka untuk pergi ke lapangan di sekolah atau lapangan terbuka dan belajar bersama disana.

Dengan begitu murid-murid pastinya dapat menikmati cahaya matahari dan tetap belajar.

Selain membuat murid tidak jenuh, mereka juga bisa lebih fokus untuk belajar setiap harinya.

Add Comment