5 Plugin Joomla Terbaik untuk SEO Joomla

Ada tiga content management systems (CMS) utama yang banyak digunakan untuk membangun website – WordPress, Joomla dan Drupal. WordPress menjadi yang paling favorit, salah satu alasannya adalah karena dukungan SEO yang sangat baik.

Namun jika kita memilih untuk menggunakan Joomla untuk membangun website, kita juga bisa membuat SEO-nya sangat baik dengan menggunakan plugin. Sehingga website Joomla yang kita buat memiliki ranking yang lebih baik di mesin pencari seperti Google, dan menghasilkan lebih banyak pengunjung.

Berikut ini adalah beberapa plugin Joomla terbaik yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan SEO Joomla.

1. SEOSimple

Plugin ini akan secara otomatis membuat meta description dari kalimat pertama dari artikel yang kamu buat. Jika kamu membuat kalimat pada paragraf pertama yang sangat menarik, dan kalimat pertama ini langsung berhubungan dengan apa yang kamu tulis. Plugin ini cocok untuk kamu.

Meta tag, salah satunya adalah meta description, merupakan komponen penting dari website yang digunakan untuk memberitahu mesin pencari mengenai halaman web kamu tersebut, dan hal ini dapat mempengaruhi ranking.

2. OSmap

Memiliki sitemap merupakan salah satu taktik yang sangat baik untuk meningkatkan SEO. Plugin OSmap ini dapat membuat sitemap HTML dan juga XML. Plugin ini secara otomatis dapat membuat sitemap berdasarkan menu website kamu. Kamu juga dapat untuk menghapus item pada menu agar tidak masuk ke sitemap.

Selain membuat tekt sitemap, OSmap juga dapat membuat image sitemap, yang dapat membantu gambar-gambar yang ada di website kamu memiliki ranking yang bagus di Google Image Search. Sayangnya untuk fitur ini hanya tersedia dalam versi Pro.

3. JoomSEF

URL haruslah search engine friendly (SEF), dan tool ini dapat menulis ulang URL halaman web menjadi lebih jelas bagi pengunjung dan tentunya untuk mesin pencari. Dengan memiliki URL yang lebih friendly, hal ini dapat membuat halaman website kamu memiliki kemungkinan yang semakin tinggi memiliki page ranking yang tinggi.

Ekstensi ini juga memiliki fitur auto-generates untuk membuat meta tags. Fitur lain yang ditawarkan, ekstensi ini juga memiliku dukungan multilingual.

Tahukah Anda, bahwa banyak Website Perusahaan yang menggunakan CMS Drupal?

4. Sh404SEF

Sh404SEF merupakan plugin Joomla terbaik untuk kategori SEO, plugin ini telah lama menjadi plugin yang sangat popular. Plugin ini memiliki fitur-fitur seperti:
– URL rewriting.
– Automatic 404 redirects.
– Mendukung Twitter Cards.
– Mendukung Google Tags.
– Kemampuan untuk menambahkan tombol media sosial di halaman website.
– Secara otomatis menghapus duplikat URL.
– Menggunakan Project Honey Pot untuk melindungi halaman contact dan form dari SPAM.
– Mengomtrol akses dari domain mencurigakan (menggunakan blacklist IP).
– Menyediakan standar install untuk plugin SEF pihak ketiga.

5. ManiacSEO

ManiacSEO cocok untuk kamu yang baru mulai untuk manajemen SEO, dan membutuhkan metode yang mudah dan otomatis untuk meningkatkan SEO tanpa perlu mengotak-ngatik backend. Plugin ini termasuk plugin baru, sehingga belum banyak yang memberika rating, namun plugin ini dapat menjadi alternatif Yoast untuk Joomla.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Maniac SEO:
– Backlink creator.
– Keyword suggestions.
– Calculation of keyword density.
– Keyword position.
– Social Analytics.
– Page-rank dan plagiarism checker.
– SEO Analyzer.

https://www.jakartawebhosting.com menyediakan layanan Joomla Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

Add Comment