4 Syarat Payroll System Yang Tak Boleh Luput dari Perhatian

Selain terdapat prosedur yang harus dijalankan agar payroll system dapat dilakukan secara benar dan adil, ternyata ada juga syarat yang harus termuat dalam sistem penggajian ini. Ya, kehati-hatian dan kejelian sangatlah diperlukan dalam menyusun gaji karyawan. Namun tidak cukup hanya itu saja, karena ada syarat lain yang harus ada dalam sistem penggajian.

Penasaran apa saja syarat yang harus termuat di dalam payroll system? Yuk langsung saja simak informasi lengkap yang akan disajikan di bawah ini. Pastikan bahwa pandangan Anda tidak beranjak dari informasi ini.

4 Syarat Payroll System Yang Tak Boleh Luput dari Perhatian

4 Syarat Payroll System Yang Tak Boleh Luput dari Perhatian

  1. Bersifat menarik
    Menarik, itulah syarat utama dari sistem penggajian. Mengapa harus bersifat menarik? Mungkin banyak yang menanyakan hal itu. Baiklah, menarik di sini maksudnya adalah membuat payroll system yang terbaik dan termutakhir agar dapat memancing perhatian orang-orang yang kompeten untuk ikut menjadi bagian di dalam perusahaan.Sistem penggajian yang menarik sangatlah menguntungkan bagi perusahaan, terutama saat proses recruitment. Banyak orang-orang yang cerdas dan kompeten yang saling bersaing merebutkan kursi untuk dapat bekerja di perusahaan Anda, karena sistem penggajiannya menarik.
  2. Bersifat kompetitif
    Payroll system juga harus bersifat kompetitif agar dapat bersaing dengan perusahaan yang berada di sekitarnya. Jangan sampai sistem penggajian yang digunakan oleh perusahaan Anda kalah saing dengan perusahaan yang berada di lingkungan sekitar, karena akan memperburuk citra perusahaan, sehingga para investor akan lebih memilih perusahaan lain daripada perusahaan Anda.Buatlah sistem penggajian yang sebaik mungkin agar dapat mengimbangi atau bahkan melampaui sistem penggajian dari perusahaan lain. Ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan dari sistem penggajian yang kompetitif yaitu memperbaiki citra perusahaan, menjadikan perusahaan semakin berkembang, dan lain-lain.
  3. Menjunjung tinggi keadilan
    Sistem penggajian harus dirasakan secara adil bagi semua karyawan. Adil adalah satu kata yang wajib dijunjung tinggi di dalam perusahaan. Ya, karena keadilan merupakan syarat mutlak dalam mengelola sistem penggajian.Karyawan yang memiliki beban dan tanggung jawab pekerjaan yang lebih berat harus mendapatkan gaji yang lebih tinggi daripada karyawan yang memiliki beban kerja dan tanggung jawab yang rendah.
    Karyawan yang memiliki prestasi dan kemampuan yang tinggi harus memperoleh gaji yang lebih besar daripada karyawan yang memiliki kemampuan dan prestasi yang pas-pasan. Nah, untuk mempermudah dalam mengetahui kemampuan serta prestasi setiap karyawan, sebaiknya perusahaan membuat sistem pemeringkatan pegawai.

    Cara tersebut juga berguna untuk memilih siapa saja yang pantas untuk dinaikkan jabatannya atau mengikuti training tertentu yang diadakan oleh perusahaan. Jadi, HRD tidak perlu lagi bersusah payah untuk mencari pegawai yang dimaksud.

    Karyawan yang memiliki masa kerja dan pengalaman lebih banyak harus mendapatkan gaji yang lebih besar dibandingkan dengan karyawan yang memiliki masa kerja dan pengalaman yang masih sedikit.
    Dengan memperhatikan ketiga faktor tersebut dan juga faktor pendukung lainnya, sekiranya sistem penggajian baru bisa dikatakan adil.

  4. Bersifat motivatif
    Sistem penggajian juga harus bisa memotivasi para pegawainya agar senantiasa selalu terpacu untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan. Memberikan imbalan yang sesuai merupakan cara yang paling jitu untuk memacu prestasi dari pegawai dalam bekerja.Jadi, perusahaan juga jangan terlalu pelit kepada karyawannya. Jika mendapatkan keuntungan yang lebih, jangan segan-segan untuk membagikannya kepada karyawan secara merata atau bisa juga dengan memberikan kesejahteraan bagi pegawai berupa liburan gratis atau semacamnya.

Jadi dalam penyusunan payroll system harus memuat syarat-syarat tersebut agar sama-sama menguntungkan antara perusahaan dan juga karyawan. Yuk kunjungi website https://sleekr.co/hr/ untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai HR dan sistem penggajian.

Add Comment